PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MASA PANDEMI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i2.96Keywords:
minat belajar, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
This research is motivated by the changing education system in Indonesia caused by the COVID-19 pandemic. Where previously learning activities were carried out face-to-face into bold learn- ing. These sudden changes can affect the psychological mentality of students. Psychologically, learning done online will result in them being passive, difficult to add opinions and only referring to the tasks given by the teacher so that interest and motivation to learn in students decreases. Therefore, interest and motiva- tion to learn is very necessary because the better or better a person's motivation and interest, it will produce a good learning process. From a good learning process, it can make good learning outcomes as well. This study aims to determine the effect of learning interest and learning motivation simultaneously and partially on student biology learning outcomes during the pandemic in class X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jem- ber in the 2021/2022 academic year. This study uses a quantitative approach with causal associative re- search conducted at SMA Negeri 1 Tanggul Jember. The population includes all students of class X MIPA which reaches 164 students. Determination of the sample using the Slovin formula obtained 120 students, using cluster random sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and documenta- tion and data analysis using multiple linear regression analysis. The results showed that there was a simul- taneous and partial effect of learning interest and learning motivation on students' biology learning out- comes during the pandemic in class X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember in the 2021/2022 academic year.
Keywords: interest in learning, motivation to learn, learning outcomes.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berubahnya sistem pendidikan di Indonesia yang diakibatkan oleh pandemi covid-19. Dimana sebelumnya kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran secara daring. Perubahan secara tiba-tiba tersebut dapat mempengaruhi mental psikologis peserta didik. Secara psikologis pembelajaran yang dilakukan secara online akan mengakibatkan mereka menjadi pasif, sulit menyampaikan pendapat serta mereka hanya mengacu pada tugas-tugas yang diberikan oleh guru sehingga minat dan motivasi belajar dalam diri siswa menurun. Maka dari itu minat dan motivasi belajar sangat diperlukan sebab semakin baik atau bagusnya suatu motivasi dan minat seseorang, maka akan menghasilkan proses belajar yang baik. Dari proses belajar yang baik, akan dapat membuat baik pula hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara stimultan dan parsial terhadap hasil belajar biologi siswa pada masa pandemi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang dilakukan di SMA Negeri 1Tanggul Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 164 siswa. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin yang didapat 120 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara stimultan dan parsial terhadap hasil belajar biologi siswa pada masa pandemi di kelasX MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar
References
Ardillah Mini. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Sanudin Pangkalan Balai. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Fatah. 2018
Darmawan I Gusti Bagus. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Menggambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegen. Skripsi Univer- sitas Negeri Yogyakarta. 2016
Fajria Astri. Pembelajaran Online di Tengan Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mende- wasakan. Yogyakarta: UAD Press
Gustina Hazari. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. 2020
Lestari Sri Maya. Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pela- jaran Matematika Pada Masa Pandemi Di Kelas X SMA Pematang Karau Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Universitas Islam Negeri Antasari. 2021
Mardati Asih. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press. 2021 Pohan Albert Efendi. Konsep Pembalajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi:
CV Sarnu Untung. 2020
Priwantoro Soffi Widyanesti. Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi. Yogyakarta: UAD Press. 2021
Rifa’i Arwan. Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Henti. Yogyakarta: Deepublish. 2021
Rosyid Moh. Zaifu;. Prestasi Belajar. Batu: Literasi Nusantara. 2019
Sabarini Sri Santoso. Persepsi Pengalaman Akademik Dosen Keolahragaan Mengimplemen- tasikan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Deepublish. 2021
Simarmata Janner. Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Jakarta: Yayasan Kita Menulis. 2019
Sugiyono. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2016 Tokan, P. Ratu Ile. MANAJEMEN PENELITIAN GURU. Jakarta: PT. Grasindo. 2016
Triana Neni. LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Bealajar Siswa. Bogor: Guepedia. 2021
Trygu. Studi Literatur Problem Based Learning untuk masalah Motivasi bagi siswa dalam Belajar Matematika. Bogor: Guepedia. 2021
Trygu. Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Hubungannya dengan Minat Belajar Ma- tematika Siswa. Bogor: Guepedia. 2021
Warsah idi dan Uyun Muhammad. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arshinta Nurul Dinia, Ira Nurmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.