Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Sub Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI MIPA di SMAN 3 Jember Pada Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Fitria Nur Sholikhah IAIN Jember
  • Umi Farihah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i2.94

Keywords:

Children Learning In Science (CLIS), Critical thinking ability, Scientific attitude

Abstract

The purpose of this study is to investigate the impact of the Children Learning In Science (CLIS) learning model on the critical thinking ability and scientific attitude of students in Class XI MIPA on Human Respiratory Submaterials in SMAN 3 Jember 2021/2022. is to evaluate The CLIS learning model is a learning model that allows students to generate ideas to solve problems. The study method used was a quasi-experimental design with the form of a no-study group posttest-only design. Sampling was conducted by targeted sampling. Data collection techniques are tests to measure critical thinking skills, questionnaires to measure scientific attitudes, and documents to make sampling decisions. The data analysis used is the Z-test with normality and homogeneity tests. The results showed that students taught with the CLIS learning model had higher critical thinking abilities and scientific attitudes than those taught with the discovery learning learning model. Therefore, the CLIS learning model can be used as an alternative learning that can enhance and improve students' critical thinking and scientific attitude.

Keywords: Children Learning In Science (CLIS), critical thinking ability, scientific attitude.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI MIPA pada sub materi sistem pernapasan manusia di SMAN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Model pembelajaran CLIS merupakan model pembelajaran yang memberi kesempatan peserta didik untuk mengembangkan ide gagasan dalam memecahkan sebuah masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive. Teknik pengumpulan data berupa tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, angket untuk mengukur sikap ilmiah, dan dokumen untuk menentukan sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji Z dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CLIS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Sehingga model pembelajaran CLIS dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat memberdayakan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik.

Kata kunci:  Children Learning In Science (CLIS), kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah

Author Biography

Umi Farihah, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Program Studi Tadris Biologi

References

Arwan N dan Sani RA. “Pengaruh survei kelompok dan model pembelajaran kolaboratif keterampilan kerja sama tim terhadap hasil belajar siswa”. Jurnal Pendidikan Jasmani. Vol.4.No.1.2015. untuk melakukannya. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimental dalam Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabet.

Bari, Idris, dan Samshidi. “Retensi Kognitif Biologis dan Sikap Ilmiah Siswa Berkemampuan Beragam dalam Strategi PBLRQA yang Dikombinasikan dengan Jurnal Pembelajaran”.Jurnal Ilmiah. Vol.VIII, No.1. (Maret 2019). 85-97.

Dewi, YYM, Irawati, Idrus. “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Volume 3. Edisi 2 (November 2019). 250-257.

Hasan, M.U. “Dampak Model Pembelajaran Video Direktori Gerak Protozoa Terhadap Nilai Ujian Siswa Kelas X Ipa 3 Sma Negeri 3 Jember”. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 2. Tidak. 1.2021.31-3

Joko, T., Ahdinirwanto, R.W., Maftukhin, A. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Children in Science (CLIS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Ajaran 2012/2013.” Jurnal Radiasi. Vol.3.No.2. (2013).

Null Faida, Titin. Pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan kepercayaan diri siswa. karangan. 2019

Parwati, Rapi dan Ramawati. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Vol.10 No.1. (Juli 2020) e-ISSN: 2599-2562.

Putra, D.S., Lumbantoruan Artha and Samosir, S.C. “Deskripsi Sikap Mahasiswa: Adopsi Sikap Ilmiah, Minat Peningkatan Jam Sarjana Fisika, dan Minat Karir Fisika.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.8. No.2. 2019 hlm. 91-100.

Rotari, Heni. “Pengaruh Model Pembelajaran Model Pembelajaran IPA (Clis) Terhadap Sikap Kreatif dan Ilmiah Siswa Kelas X Mata Kuliah Biologi SMA Negeri 03 Tulang Bawang Tengah”.Skripsi Sarjana Universitas Raden Intan Lampung. 2021

Sari, Indwati, Kepiting. “Model Pembelajaran CLIS (Child Science Learning) Berorientasi Melalui Pengamatan Gejala Fisik Pada Pembelajaran IPA dan Fisika SMA”. Jurnal Pendidikan Jasmani, Vol.03.No.04.2015

Septantningtiyas, Niker et al. 2021. Pembelajaran Ilmiah. Jawa Tengah: Perusahaan Penerbitan Lakaisha.

Setiawan, W.E. dan Rasmana, N.E. “Penerapan Model Pembelajaran Children's Science Learning (CLIS) Dalam Pembelajaran Konsep-Konsep Dasar Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa dan Sikap Sains Calon Guru SD.” Jurnal pesona sederhana. Vol.6.No.2. (2018).

Shabana, Ali. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Matematika Sekolah Menengah dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran” Journal of Edumatics, Vol.3, No.02 No.01. (April 2013).48-59.

Siddique. MA, Komalayan Savitri, Utomo. AP “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Blended Learning dengan Ensiklopedia Digital”. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2019. e-ISSN 2518-1615.

Suryanta. “Penilaian HOTS Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Matematika dan Pendidikan India. Vol.08. No.8 2018. 500-509.

Wildan, Hakim A., Siahaan, J., dan Anwar, Y.A.S. “A Stepwise Investigative Approach to Improving Communication Skills and Scientific Attitudes in Biochemistry Courses”.Journal of International Education, Volume 12. Nomor 4. 2019. 407-422

Yafie, E. dan Sutama, I.W. 2019. Perkembangan Kognitif (Ilmu Anak Usia Dini). Malang: Penerbitan dan Percetakan UM.

Zubaidah, S. dan Aloysius, D.C. “Evaluasi Tes Esai Terpadu Berpikir Kritis.” Simposium Pelajaran Biologi. 2018 200-2013

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Sholikhah, F. N., & Farihah, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Sub Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI MIPA di SMAN 3 Jember Pada Tahun Pelajaran 2021/2022. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2). https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i2.94