Pengaruh Metode Blended Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Spermatophyta

Authors

  • Pipit Nurmita Sari IAIN Jember
  • Rosita Fitrah Dewi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ira Nurmawati UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i2.18

Keywords:

blended learning methods, edmodo, students’ learning result

Abstract

The development of science and technology can provide solutions to education problems. As in biology subjects which have a lot of material substance, but the lack of media and lesson hours makes learning objectives not maximally achieved. The edmodo-based blended learning method can be the solution. The formulation of the problem in this study 1) how are the student’ learning result before and after being taught using the edmodo-based blended learning method? 2) is there an effect of the edmodo-based blended learning method onacan student learning outcomes ?. The objectives are 1) to describe student learning outcomes before and after being taught with edmodo-based blended learning 2) to determine the effect of edmodo-based blended learning on student’ learning result. Research use quantitative approach with pre-experimental one group pre-test post-test design. The population of the reasearch are all class X MIPA and the sample is class X MIPA 2. Data collection techniques using observation, tests, and documentation. Data analysis used the Wilcoxon signed-rank test.Based on the research results, 1) the pre-tets value of kelas which is taught using the edmodo-based blended learning method of 3.94 and an average post-test score of 7.48, there is an increase in the average score between the pre-test and post-test. 2) The value of the Wilcoxon signed-ranks test is 0.00 <0.05, which indicates that Ha is accepted and H0 is rejected. So that there is an effect of edmodo-based blended learning on student’ learning result on spermatophyta material.

Keywords: blended learning methods, edmodo, students’ learning result

Berkembangnya IPTEK dapat memberikan solusi permasalahan dunia pendidikan. Seperti pada mata pelajaran biologi yang memiliki substansi materi yang terbilang banyak, namun kurangnya media serta jam pelajaran membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.  Metode blended learning berbasis edmodo dapat menjadi solusinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan metode blended learning berbasis edmodo? 2) adakah pengaruh metode blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa?. Tujuannya yaitu 1) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan blended learning berbasis edmodo 2) untuk mengetahui pengaruh blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pre-test post-test. Populasi penelitian seluruh kelas X MIPA dengan sampel kelas X MIPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed-rank. Berdasarkan hasil penelitian, 1) nilai pre-tets kelas yang dibelajarkan dengan metode blended learning berbasis edmodo sebesar 3,94 dan nilai rata-rata post-test sebesar 7,48, terdapat peningkatan nilai rata-rata antara pre-test dengan post-test. 2) Nilai hasil uji wilcoxon signed-ranks sebesar 0,00<0,05 yang menunjukkan diterimanya Ha dan ditolaknya H0. Sehingga terdapat pengaruh blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi spermatophyta.

Kata kunci: metode blended learning, edmodo, hasil belajar

Author Biographies

Rosita Fitrah Dewi, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Program Studi Tadris Biologi

Ira Nurmawati, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Program Studi Tadris Biologi

References

Anderson, Lorin W et al. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc, 2001.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Azizah, Nurul. “Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis pada Peserta Didik SMA.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018.

Barni, Mahyuddin. “Tantangan Pendidikan di Era Millenial”. Jurnal Transformatif 3, no 1 (April, 2019): 99-116.

Budiaji, Weksi. “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert”. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan 2, no 2 (Desember, 2013): 127-133.

Carman, Jared M. Blended Learning Design: Five Key Ingredients. KnowledgeNe, 2002.

Gibbons, Jean Dickinson. Nonparametric Statistic Inference Fourth Edition, Revised and Expanded. Alabama (USA): The University of Alabama, 2003.

Gunawan, Imam. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2016.

Gunawan, Imam dan Anggarini Retno Palupi. “Taksonomi Bloom-Revisi Ranah ognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian”. E-Journal Unipma 2, no 2 (2016): 1-20.

Hapsari, Meinda Ratih Siwi. “ Pengaruh Penerapan Media Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 1 Srono.” Skripsi, Universitas Jember, 2019.

Husamah. Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face, E-Learning Offline-Online dan Mobile Learning. Malang : Prestasi Pustaka, 2014.

Jakni. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA, 2016.

Kuntarto, Eko. “Pembelajaran Asyik Menggunakan Edmodo.” Unja, 2018. www.repository.unja.ac.id/5901/.

Najib, Donas Ahmad dan Elhefni. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) pada Pembelajaran Yemati IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang”. Jurnal Ilmiah PGMI 2, no 1 (Januari, 2016): 19-28.

Rachmadiarti, Fida. Biologi Umum. Surabaya: Unesa University Press, 2007.

Ramsay, Grant. “Teaching and Learning with Information and Communiation Technology: Succes Through Whole School Approach.” Dalam National Educational Computing Conference, Building on the Future, . 1-11. Chicago, IL, 2001

Rusman, Kurniawan. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.

Sari, Milya. “ Blended Learning, Model Pembelajaran Abad ke-21 di Perguruan Tinggi”. Ta’dib 17, no 2 (Desember, 2014): 126-136.

Susilawati, Evi. “Pengaruh Model Pembeljaran Blended Learning Berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Mahasiswa”. Edutech 17, no 2 (Juni, 2018): 1-16.

Wibowo, Nita Pungki. “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo terhadap Hasil Belajar dan Keterlibatan Siswa pada Pokok Bahasan Mata dan Kacamta untuk Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Ngemplak.” Skripsi, Universitas Sanata Dharma, 2019.

Zainuddin, Zamzami. “Blended Learning Whitin Indonesian Higher Education Institutions”. Jurnal Pendidikan Humaniora 6, no 2 (2018): 69-77.

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Sari, P. N., Dewi, R. F., & Nurmawati, I. (2023). Pengaruh Metode Blended Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Spermatophyta . ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 42-54. https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i2.18